Translate

Senin, 22 Oktober 2012

7 Ciri-Ciri Sperma Yang Baik

0 komentar

Untuk mendapatkan sperma yang baik, sehat dan subur memang tidak lah mudah banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari gaya hidup, pola makan yang baik dan teratur serta menghindari atau mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok, penggunaan narkoba dan minuman beralkohol. Untuk mengenali ciri dari sperma yang sehat dan baik sangat lah mudah dilihat melalui pemeriksaan atau pengamatan dengan mikroskop. Berikut ini tanda atau ciri dari sperma yang baik dan berkualitas :

1. Volume


Ketika pria mengalami ejakulasi saat berhubungan intim, normalnya sperma yang keluar ada sekitar 2-6 ml. Jika sperma yang keluar kurang dari sperma yang normal, kemungkinan mengalami suatu gangguan atau masalah dengan tingkat kesuburan yang disebabkan oleh seringnya melakukan hubungan seksual, terlalu cepat ejakulasi dan seringnya masturbasi.

2. Waktu pembekuan

Sperma yang kental mengandung protein dan akan menggumpal (koagulasi) jika dibiarkan di udara terbuka selama kurang lebih 20-30 menit. Jika dalam waktu tersebut sperma tetap cair kemungkinan adanya infeksi pada saluran kemih.
Gambar : Fase Perjalanan Sperma
3. Jumlah sel sperma

Untuk mengetahui jumlah sperma dapat dilihat melaui pemeriksaan menggunakan mikroskop. Jumlah sel sperma yang terjadi sekali ejakulasi normalnya kurang lebih sekitar 20-40 juta sperma atau 0 (nol) jika pria telah menjalani vasektomi. Jika seorang memiliki jumlah sperma yang kurang dari sperma normal dapat dikatakan mengalami ketidak suburan. Walaupun seperti itu tetap tidak menutup kemungkinan jumlah sperma yang kurang dari jumlah normal sperma tetap bisa membuahi sel telur.

4. Bentuk sperma (morfologi)

Untuk mendapatkan sperma yang sehat, minimal sperma pria harus memiliki 70 % sel sperma dalam sekali ejakulasi dan harus memiliki bentuk ideal. Jika sel sperma yang tidak normal umumnya memiliki 2 ekor ( ekor pendek dan kepala kecil ) sehingga memungkinkan kegagalan dalam membuahi sel telur.

5. Pergerakan sperma (motilitas)

Gerakan sperma seperti kecebong serta lincah dan cepat dalam pergerakannya maka dapat disebut sebagai sperma yang memiliki kualitas yang baik. Minimal 60 % dari jumlah sperma yang dikeluarkan dalam sekali ejakulasi harus dapat bergerak lincah berenang menuju sel telur dan sisanya bergerak lambat tak menjadi suatu masalah.

6. Keasaman sperma (pH)

Sperma juga memerlukan keseimbangan pH (keasaman sperma) sekitar 7,2-8,0 untuk tetap menjaga kondisi, kualitas sperma yang ideal agar mampu bertahan hidup dan bergerak secara optimal. Bila keasaman dan keseimbangan sperma terlalu tinggi atau rendah dapat membunuh sel sperma.

7. Jumlah sel darah putih

Cairan sel darah putih umumnya tidak ditemukan di dalam cairan sperma. Sel darah putih hanya terdeteksi atau terlihat di urine dan cairan sperma jika mengalami infeksi yang ditemukan bersama dengan beberapa bakteri penyebab infeksi.

Editor : Agi Ramdan

Ikuti Informasi lebih jauh tentang Kesehatan di Pro Generation

Leave a Reply