Translate

Selasa, 05 Maret 2013

Cara Melatih Dan Merawat Burung Hantu

4 komentar



Akhir-akhir ini burung hantu memang makin banyak diminati. Memang burung yang aktif di malam hari ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Burung hantu dikenal karena matanya yang besar dan menghadap ke depan. Berbeda dari burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok-tajam seperti paruh elang, dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, rupa burung hantu sangat ’’mengesankan’’ sekaligus menyeramkan. Lehernya sangat lentur, sehingga wajah dapat berputar 180 derajat ke belakang.
Sejauh ini, citra burung hantu bagi sebagian masyarakat cenderung negatif. Kalau terdengar suaranya di pekarangan rumah di senja hari, pemilik rumah lekas-lekas mengusirnya dengan cara membakar tikar usang di bawah pohon tempatnya bertengger. Namun sudah saatnya citra itu dibuang jauh-jauh. Karena, ternyata burung hantu itu bisa di jadikan PATNER. Daya tarik burung hantu sebagai satwa hias justru pada fisiknya yang lain dari burung hias pada umumnya. Selain fisiknya, dia juga memiliki kesan antik. Kesan itu muncul karena bulu-bulunya berwarna cokelat kusam, seperti perabot antik dari kayu jati yang sudah berumur ratusan tahun. Keunikannya ditunjang bentuk muka yang aneh seperti kucing, dan kedua matanya yang bulat

berikut ini adalah cara melatih dan merawat burung hantu anda

  Manning
Proses membiasakan BOP dengan glove dan handler sebelum burung siap untuk dilatih. Coba untuk memberi makan dengan tangan langsung. Jangan buat kaget, buat burhan sering melihat tuannya.

Memandikan
Burung hantu bisa mandi sendiri. Saat cuaca hujan biasanya burung hantu langsung mandi.. tapi kalo mau dimandiin juga boleh tapi arahin saja burhan ke tempat mandinya ddia nanti lama - lama terbiasa untuk mandi  asal jangan sampe basah kuyup

Weathering
Burung saat diatas perch sebaiknya dijemur untuk menikmati cuaca, sekalian di tempat yang ramai selama satu atau dua jam agar burung tidak takut akan kehadiran manusia.

Makanan dan Kandang
burung hantu apapun, kecil atau besar, sebaiknya TIDAK dikandangkan karena akan merusak bulu dan mengganggu proses manning / training. letakan burung hantu di perch yang besar.

untuk makanan, umunya mereka makan serangga dan hewan-hewan kecil lainnya. klo mau bikin mereka pinter jagan disuapin makannya tetapi ditaruh saja makanannya di tempat makan mereka terus dorong kepala mereka ke tempat makan tetapi pelan pelan ya nanti lama-lama bisa kok, minum juga sama seperti itu.

makanan mereka diantaranya:
Serangga :
1. jangkrik (memiliki banyak protein)
2. cacing putih (memiliki zat kapur) <--disarankan untuk tidak terlalu sering memberi cacing putih
3. kecoa (memiliki banyak protein)
Umumnya :
1. Tiput (tikus putih)
2. burung emprit
3. daging ayam (harus yang alami)
4. ikan mas (tergantung habitat)


Latihan Tahap Pertama

Sebenernya latihannya itu basically sama kaya hewan yang lainnya yaitu di iming-imningi dengan makanan
Tinggal tujuannya apa yang anda mau minta ke burhan (Burung hantu) tersebut. seperti :

1. Tunjukin tangan anda ke burhan
2. Kasih Aba-aba
3. Tunjukin makanannya

kalo berhasil, ulang terus. Selama proses, diusahakan si burhan dalam keadaan lapar kalo tidak laper, burhan tidak akan menanggapi perintah anda. Dalam proses, si burhan harus konsentrasi dahulu agar mudah dilatih.

Aba-aba disini bisa gerakan tangan atau dengan suara, diusahakan konsisten dengan perintah. Latihan ini mungkin sama kaya clicker training buat anjing, jadi si burung mengasosiasikan suara atau gerakan dengan arti. Kaya manusa kalo  melambai itu artinya kesini, geleng kepala artinya tidak, dst.

Dalam melatih burhan yang penting sabar saja dalam prosesnya. Nah, dalam latihan, kalian juga harus punya alat-alat/kelengkapannya. Kalo tidak punya sarung tangan panjang kulit, bisa juga memakai sarung tangan buat orang ngelas. Kalo tidak, bikin sendiri di tukang jahit. Tujuan sarung tangan itu sebenernya buat keamanan kita juga si burung.

BOP itu kan predator, seluruh badannya diciptakan untuk memburu. Bisa bayangin kalo anda terkena kuku kakinya pas burhan mendarat di tangan anda? Sebagai burung, burhan pasti mencengkram alas kaki untuk keseimbangan badannya.

Latihan Tahap Kedua

Kalo anda mau melatih burhan harus memberinya sebuah treat (snack) Sebelumnya jangan diberi makanan sekitar  setengah harian karena nanti pas latihan anda bisa mengiming- imingi dengan makanan. Intinya: Tidak latihan Tidak dapat jatah makan. Dengan begitu burhan bakal belajar bahwa kalo dia lakuin yang anda minta akan diberi makanan. Cara Melatihnya :

    Pas burhan kelaperan, kasih makannanya pas dia nelen makanannya baru peluitnya ditiup. Pertama mungkin jarak satu meter dulu lalu lama-lama makin jauh
    Seteleh beberapa lama (dalam keadaan lapar) Coba tiup peluit tanpa nunjukin makanannya. Kalo burhan dateng, itu artinya dia udah mengetahui bila tanda Pluit tersebut adalah untuk mendapatkan makanan. Kalo tidak, berarti burhan cuma bisa berkonsentrasi sama makanannya (Ulangi dari no 1).
    Setelah tahap satu dan dua, sekarang coba anda kasih burhan dengan memberi makanan seperti biasanya. Tetapi saat pas jam latian, kasih makanannya  setengah dari biasanya (tahap satu dan dua sama sekali tidak diberi makan setengah hari). Tiup peluit dari tempat tersembunyi. Kalo burhan celingukan, berarti dia sudah mulai mengikuti perintah anda
    Bila sudah semua, coba anda kasih dia makanan dengan full. tiup peluit.bila latihannya telah berhasil, burhan akan otomatis reflek terbang ke arah anda.
    Seiring berjalannya waktu, ganti treat (snack) dengan pujian, elusan, dst..

Peluitnya jangan yang terlalu tinggi resonnya, kasian kupingnya pengan. Burung hantu itu lebih sensitif sama suara dibanding falcon.

Sumber : dari sesama pecinta BOP dan Falconry

4 Responses so far

  1. Ryza says:

    Makasih infonya, saya punya celepuk di rumah namanya Mowly, baru sekitar stu bulan datang dari Alam, sudah terbiasa sama Glove n sudah ngerti kalau makan di atas glove, cuma ga tau gimana caranya supaya dia terbang sendiri ke glove ketika makan, makasih infonya akhirnya saya tahu caranya :D

  2. mo nanya gan.. kl burung hantuituminum ga gan..?

  3. Gan mo nanya nich.Burhan kan termasuk burung nokturnal,lha terus klo mo ngelatih tu posisi nya di siang hari ato malem hari?
    Burhan saya(jenisnya celepuk),maunya makan klo disuapin aja,gimana caranya supaya dia mau makan sendiri dari wadah tempat makannya?

  4. ada yang jual anak burung hantunya ga

Leave a Reply